Informasi tentang PVC (Polyvinyl Chloride, Polivinil Klorida) (Bahasa Indonesia)


Sekilas tentang Phthalate
9 Oktober 2007, 1:24 pm
Filed under: Isu Kesehatan

Apakah Phthalate?

Phthalate adalah sekelompok zat kimia yang dibuat dari reaksi esterifikasi antara alcohol dan phthalic anhydride. Phthalate berwujud seperti minyak, tak berwarna/bening, tanpa baud an tidak mudah menguap.

Penggunaan phthalate yang utama adalah sebagai aditif pelunak (plasticizer) bahan PVC dan telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Penggunaan phthalate dalam peralatan medis, mainan anak-anak, berbagai bagian mobil, berbagai produk kebutuhan rumah tangga, membuat hidup kita lebih baik dan lebih aman. Penggunaan phthalate di rumah sakit dan di ruang gawat darurat khususnya, telah banyak menyelamatkan jiwa manusia. Phthalat membuat rumah kita penuh dekorasi, lebih mudah dibersihkan, lebih efisien dalam penggunaan energi serta lebih tahan lama. Produk-produk PVC lunak yangmengandung phthalate memiliki sifat-sifat yang unggul dan sangat ekonomis, karenanya fungsinya sangat sulit digantikan oleh behan-bahan dari jenis lain. Phthalate merupakan pilihan yang paling ekonomis dan tepat guna bagi konsumen.

Beberapa jenis phthalate memberikan keuntungan yang unik bagi industri perawatan kecantikan.

Selama lebih dari 50 tahun, phthalate merupakan bahan baku penting dalam industri parfum dan cat kuku. Salah satu jenis phthalate berfungsi mengikat molekul zat pembawa aroma harum dalam formulasi produk parfum dan produk-produk kecantikan pada umumnya, yang membuat aroma harumnya menjadi tahan lebih lama. Fungsi lain dari phthalate adalah sebagai aditif dalam formulasi rambu atau tanda yang ditempatkan di alam terbuka, yang membuatnya tidak mudah retak/rusak.

Banyak studi independent yang telah dilakukan, yang menyimpulkan bahwa phthalate aman digunakan dalam produk mainan anak-anak dan kosmetika.

Review tentang keselamatan kerja yang dilakukan oleh beberapa komite ilmuwan Eropa dan Amerika telah secara spesifik membolehkan penggunaan phthalate dalam produk-produk mainan anak-anak dan cat kuku. Tidak pernah ada review yang dilakukan pihak pemerintah yang menyimpulkan bahwa phthalate tidak aman untuk digunakan dalam produk sehari-hari.

Setelah lebih dari 50 tahun digunakan secara luas, tidak pernah ada bukti yang menunjukkan bahwa phthalate merugikan kesehatan manusia.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: